Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Integrated pada Subpokok Bahasan ‎Mata Sebagai Alat Optik di Kelas VIII SMP

Authors

  • Yohana Saraswati
  • Madewi Mulyanratna

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu model Integrated dengan subpokok bahasan ”Mata Sebagai Alat Optik” dilakukan sebagai salah satu contoh untuk mengatasi problematika pembelajaran IPA Terpadu di SMP yang masih diajarkan secara terpisah dengan guru tunggal atau team teaching. Pengembangan perangkat ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, hasil belajar dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, dan respons siswa terhadap perangkat pembelajaran. Pengembangan perangkat menggunakan model 4-P tetapi dibatasi hanya sampai tahap pengembangan. Uji coba perangkat menggunakan desain One Group Pretest-Postest di kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya sebanyak 15 siswa. Hasil telaah perangkat pembelajaran oleh dosen dan guru menyatakan bahwa pengembangan perangkat sudah layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa tuntas 80% dan tidak tuntas 20%. Respons siswa positif terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dengan prosentase 80,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Saraswati, Y., & Mulyanratna, M. (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Integrated pada Subpokok Bahasan ‎Mata Sebagai Alat Optik di Kelas VIII SMP. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 188–199. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/382

Issue

Section

Articles
Abstract views: 77 , PDF Downloads: 319