Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan ‎Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep‎

Authors

  • Lutfi Eko Wahyudi
  • Zainul Arifin Imam Supardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan melatihkan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan one group pre test post test design. Subyek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X-6 SMAN 1 Sumenep. Data yang diperoleh antara lain hasil pre test, post test dan skor keterampilan proses sains. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan statistik yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari analisis uji-t diperoleh thitung sebesar -27,97 dengan nilai ttabel sebesar 2,04. Karena nilai ( t = -27,97 ) < (t 0,25/30 = -2,04 ) maka hipotesis H0 ditolak dan menerima H1 bahwa adanya perbedaan antara hasil nilai pre test dan post test. Berdasarkan hasil pengamatan lima aspek keterampilan proses sains antara lain, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, merumuskan langkah percobaan, melakukan percobaan dan menganalisis data memperoleh kriteria cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan melatihkan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar di kelas X-6 SMAN 1 Sumenep.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Wahyudi, L. E., & Supardi, Z. A. I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan ‎Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep‎. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 62–65. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3007
Abstract views: 275 , PDF Downloads: 399

Most read articles by the same author(s)