Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Community pada Materi Pokok Bunyi di Kelas VIII SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis learning community pada materi bunyi. Pelaksanaan penelitian ini yaitu mengembangkan desain awal perangkat pembelajaran, telaah perangkat pembelajaran oleh para pakar (dosen) dan para praktisi (guru fisika SMP), dan uji coba terbatas pada siswa di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Berdasarkan hasil analisis kelayakan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah layak digunakan dengan kategori baik dan sangat baik. Sedangkan untuk pengelolaan pembelajaran, hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum guru telah mengelola pembelajaran dengan cukup baik. Respon siswa terhadap learning community yang mereka lakukan menunjukkan respon yang positif pada materi pembelajaran, media yang digunakan, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), cara guru mengajar, dan suasana belajar. Dan learning community yang dilakukan oleh siswa berjalan lebih efektif karena mereka menunjukkan semua prinsip dari learning communitynya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

