Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Community pada Materi Pokok Bunyi ‎di Kelas VIII SMP

Authors

  • Veri Andria Wijaksa
  • Zainul Arifin Imam Supardi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis learning community pada materi bunyi. Pelaksanaan penelitian ini yaitu mengembangkan desain awal perangkat pembelajaran, telaah perangkat pembelajaran oleh para pakar (dosen) dan para praktisi (guru fisika SMP), dan uji coba terbatas pada siswa di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Berdasarkan hasil analisis kelayakan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan telah layak digunakan dengan kategori baik dan sangat baik. Sedangkan untuk pengelolaan pembelajaran, hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum guru telah mengelola pembelajaran dengan cukup baik. Respon siswa terhadap learning community yang mereka lakukan menunjukkan respon yang positif pada materi pembelajaran, media yang digunakan, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), cara guru mengajar, dan suasana belajar. Dan learning community yang dilakukan oleh siswa berjalan lebih efektif karena mereka menunjukkan semua prinsip dari learning communitynya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Wijaksa, V. A., & Supardi, Z. A. I. (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Community pada Materi Pokok Bunyi ‎di Kelas VIII SMP. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 57–64. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/365

Issue

Section

Articles
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 83

Most read articles by the same author(s)