Pengembangan Komik Fisika Berbasis Instagram Sebagai Media Pendukung Motivasi Peserta Didik SMA/MA Pada Materi Fluida Statis
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p16-22Abstract
Pengembangan media pembelajaran Fisika hendaknya dilakukan seiring berjalannya perkembangan teknologi dan informasi. Seperti halnya komik Fisika berbasis Instagram yang dikembangkan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan komik Fisika berbasis Instagram yang valid pada aspek materi, bahasa, dan desain. Tujuan lain yaitu menganalisis pengaruh komik fisika terhadap motivasi belajar peserta didik pada jenjang SMA/MA. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluating. Uji validitas dilakukan untuk mengukur validitas komik fisika berbasis Instagram. Analisis deskriptif menggunakan uji peningkatan atau n-gain untuk mengetahui pengaruh komik fisika terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil yang didapatkan dari uji validitas komik Fisika dari aspek materi, bahasa, dan desain adalah sangat valid. Sedangkan uji peningkatan atau n-gain mendapatkan rata-rata sebesar 0,4 yang termasuk kategori sedang. Penelitian ini berhasil mendapatkan komik fisika berbasis Instagram dari aspek materi, bahasa, dan desain yang sangat valid juga dapat memberikan pengaruh yang baik bagi motivasi belajar peserta didik.
Kata kunci: komik, fisika, Instagram, motivasi, ADDIE