Pengaruh Pendekatan CTL Melalui Strategi TEQ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN ‎‎16 Surabaya‎

Authors

  • Mohammad Sufaudin Majid
  • Nadi Suprapto

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendiskripsikan pengaruh pendekatan CTL melalui strategi TEQ terhadap hasil belajar siswa, jenis penelitian ini adalah penelitian experimental dengan desain korelasional dan randomized control-group pretest-post test dilakukan dengan diawali oleh penyusunan perangkat pembelajaran. Sampel berupa kelas kontrol dan eksperimen yang diambil dari siswa kelas X-5 sebagai eksperimen dan X-6 sebagai kontrol di SMAN 16 Surabaya tahun ajaran 2012/2013, mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa hubungan pendekatan CTL melalui strategi TEQ terhadap hasil belajar siswa dalam persamaan regresi Yˆ=-21,151 + 1,282 X dengan koefisien korelasi sebesar 0,468, koefisien korelasi ini tergolong kriteria cukup baik. Jadi pendekatan CTL melalui TEQ berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Untuk uji-t diperoleh nilai thitung=7,890 lebih besar dari ttabel=1,671 yang menyatakan H1 diterima, dengan ketentuan H1: rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalamai perbedaan. Adapun kendala dalam penelitian ini adalah diperlukannya proses adaptasi siswa terlebih dahulu sebelum menerapkan pendekatan CTL melalui strategi TEQ, karena strategi ini merupakan strategi baru yang dialami siswa dan jumlah pertemuan yang sedikit menyebabkan hasil penerapan pendekatan CTL melalui strategi TEQ tidak optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Majid, M. S., & Suprapto, N. (2013). Pengaruh Pendekatan CTL Melalui Strategi TEQ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN ‎‎16 Surabaya‎. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 66–69. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3008
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 28

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>