PENERAPAN STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 SURABAYA

Authors

  • IIS AVRIYANTI
  • NADI SUPRAPTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi MI pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain one grup pretest-posttest serta menggunakan 1 kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa pretest dan postest. Aktivitas MI dalam penelitian ini diarahkan pada pengerjaan LKPD sehingga diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas pengerjaan LKPD berpengaruh terhadap kemampuan intelegensi peserta didik. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi MI pada pembelajaran fisika, dilakukan uji t berpasangan pada hasil pretest dan posttest berbasis MI, sehingga didapatkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan pada kemampuan intelegensi peserta didik setelah diberikan strategi MI. kemampuan intelegensi peserta didik dapat dilihat melalui kemampuan peserta didik dalam mengerjakan setiap butir soal yang berbasis MI, sehingga diperoleh kesimpulan peserta didik dengan kecerdasan tertentu mendapat nilai dominan pada butir soal yang sesuai dengan jenis kecerdasannya namun mendapat nilai yang tidak terlampau jauh pada butir soal kecerdasan lain.



Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-08-2018

How to Cite

AVRIYANTI, I., & SUPRAPTO, N. (2018). PENERAPAN STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 SURABAYA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/25243

Issue

Section

Articles
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 69

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>