Studi Literatur Pemanfaatan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p39-49Abstract
Abstrak
Augmented reality merupakan media interaktif dengan tampilan 3D yaitu gambar secara virtual yang terintegrasi dengan kehidupan nyata. Media interaktif ini dapat berisi materi dan contoh fenomena fisika dalam kehidupan nyata untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi literatur, yaitu menggunakan data sekunder yang didapatkan dengan cara merangkum serta mereview beberapa artikel penelitian terkait penggunaan media Augmented Reality yang pernah dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan informasi relevan terkait penggunaan media Augmented Reality terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan tahapan koleksi data, reduksi data, dan display data, kemudian penarikan kesimpulan. Artikel dalam penelitian ini dipilih dan disaring dengan menggunakan kata kunci; media interaktif, Augmented Reality, dan berpikir kritis. Sehingga diperoleh 22 dari 311 artikel terkait penggunaan media Augmented Reality yang ditelaah dalam penelitian ini. Dari hasil studi literatur dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media Augmented Reality efektif meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik.
Kataikunci: Media Interaktif, Augmented Reality, Berpikir Kritis
Abstract
Augmented Reality is an interactive media with a 3D performance that's a virtual image which integrates with real life. These interactive media can contain material and examples of real-life physics phenomena to support the learning process. This research is a literature study that uses secondary data obtained by summarizing and reviewing several research articles related to Augmented Reality media that have been carried out to describe and interpret relevant information related to the use of Augmented Reality media to increase students' critical thinking skills. This study used a descriptive qualitative method, namely the stages of data collection, data reduction, and data display. This study's articles were selected and filtered using keywords; interactive media, Augmented Reality, and critical thinking. Thus, 22 of the 311 articles related to Augmented Reality media are examined in this study. From the results of the literature study, it can be concluded that Augmented Reality media effectively improves students' critical thinking skills.
Keywords: Interactive Media, Augmented Reality, Critical Thinking