PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ABSTRAK PADA MATERI MODEL ATOM

  • WISNU NANDYANSAH
  • NADI SUPRAPTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbasis augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir abstrak yang layak (valid, praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validitas untuk menilai kevalidan media yang akan dikembangkan, lembar pengamatan pembelajaran untuk menilai kepraktisan media yang dikembangkan, lembar penilaian dan angket respon siswa untuk menilai keefektifan media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai: 1) Persentase validitas media sebesar 90,47% dengan kategori sangat valid dan persentase validitas materi sebesar 90,00% dengan kategori sangat valid. 2) Persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,14% dengan kategori sangat baik. 3) Persentase hasil keterampilan berpikir abstrak (pengontrolan variabel 100% dengan kategori sangat baik, penalaran proporsional 100% dengan kategori sangat baik, penalaran probabilistik 66,67% dengan kategori baik, penalaran kombinatorial 75,76% dengan kategori baik, dan penalaran korelasional 66,67% dengan kategori baik) dan persentase respon siswa sebesar 92,76% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir abstrak layak untuk digunakan.

Kata kunci: Media pembelajaran, augmented reality, keterampilan berpikir abstrak.

Published
2019-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 382
PDF Downloads: 454