PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ABSTRAK PADA MATERI MODEL ATOM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbasis augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir abstrak yang layak (valid, praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validitas untuk menilai kevalidan media yang akan dikembangkan, lembar pengamatan pembelajaran untuk menilai kepraktisan media yang dikembangkan, lembar penilaian dan angket respon siswa untuk menilai keefektifan media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai: 1) Persentase validitas media sebesar 90,47% dengan kategori sangat valid dan persentase validitas materi sebesar 90,00% dengan kategori sangat valid. 2) Persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,14% dengan kategori sangat baik. 3) Persentase hasil keterampilan berpikir abstrak (pengontrolan variabel 100% dengan kategori sangat baik, penalaran proporsional 100% dengan kategori sangat baik, penalaran probabilistik 66,67% dengan kategori baik, penalaran kombinatorial 75,76% dengan kategori baik, dan penalaran korelasional 66,67% dengan kategori baik) dan persentase respon siswa sebesar 92,76% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir abstrak layak untuk digunakan.
Kata kunci: Media pembelajaran, augmented reality, keterampilan berpikir abstrak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

