Pengaruh Strategi Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) ‎Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Alat-Alat Optik di SMAN I Puri Mojokerto

Authors

  • Triya Hidayatiningsih
  • Nadi Suprapto

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design di SMAN I Puri Mojokerto yang bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara strategi pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap hasil belajar siswa. MURDER merupakan suatu strategi pembelajaran dengan 6 tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi fase mood dengan memberikan motivasi berupa fenomena pada siswa, fase understand dengan menggaris bawahi poin-poin penting, fase recall dengan mendiskusikan poin-poin penting, fase digest dengan melakukan percobaan terkait pokok bahasan, fase expand dengan melakukan studi literatur dan fase review dengan mengulas singkat keseluruhan materi. Strategi pembelajaran MURDER pada tiap KBM juga diterapkan dengan memberikan lembar evaluasi siswa sesuai dengan 6 tahapan pembelajaran pada strategi pembelajaran MURDER. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Puri Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran MURDER pada kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan baik namun masih terkendala dengan pengelolaan waktu. Hasil analisis dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi juga menunjukkan bahwa strategi pembelajaran MURDER memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,69 dan dengan persamaan regresi Y=18.63+ 0.78x serta siswa mempunyai respons yang baik terhadap penerapan strategi pembelajaran MURDER. Berdasarkan hasil di atas, peneliti menyarankan untuk menyusun perencanaan waktu yang baik agar setiap fase pembelajaran dapat dilaksanakan dengan maksimal serta dilakukan inovasi pada lembar evaluasi MURDER.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Hidayatiningsih, T., & Suprapto, N. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) ‎Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Alat-Alat Optik di SMAN I Puri Mojokerto. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 103–106. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3018
Abstract views: 33 , PDF Downloads: 31

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>