Komparasi Penerapan Strategi Learning By Questioning dengan Pertanyaan Literal dan Inferensial terhadap Keterampilan Berpikir Kritis

  • Dian Pramesti
  • Nadi Suprapto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran strategi LBQ (Learning By Questioning) dengan pertanyaan literal (ranah C1-C3) dan inferensial (ranah C4-C6). LBQ merupakan suatu strategi pembelajaran berbasis pertanyaan yang dikembangkan dari strategi berbasis pertanyaan yang sudah ada yakni Socrates method dan TEQ (Thinking Empowerment by Questioning). Pada strategi LBQ ini ditambahkan pertanyaan dengan ranah yang berbeda yaitu pertanyaan literal dan inferensial untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Gedangan dan rancangan penelitian yang digunakan adalah studi komparasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji-t dua pihak didapatkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menerapkan pembelajaran strategi LBQ dengan pertanyaan literal dan inferensial. Hasil analisis uji-t satu pihak menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang menerapkan strategi LBQ dengan pertanyaan inferensial lebih baik daripada kelas yang menggunakan pertanyaan literal. Respons siswa terhadap pembelajaran strategi LBQ dengan pertanyaan inferensial lebih baik daripada pembelajaran strategi LBQ dengan pertanyaan literal.
Kata Kunci: Strategi LBQ, pertanyaan literal, pertanyaan inferensial, keterampilan berpikir kritis
Abstract
This research goals to describe differences in critical thinking skills of students who apply LBQ learning strategies (Learning By Questioning) with a literal question (domain C1 - C3) and inferential question (domain C4 - C6). LBQ is a learning strategies based strategies developed from an existing question the Socratic method and TEQ (Thinking Empowerment by Questioning). In this LBQ strategy added questions with different domains, namely the literal and inferential questions to develop student’s critical thinking skills. The population is student’s class X at SMAN 1 Gedangan and design of the study is a comparative study. Based on the results of studies using t-test two parties analysis showed there are differences in student’s critical thinking skills that apply LBQ learning strategies with literal and inferential questions. The results of t-test one parties analysis that student's critical thinking skills apply LBQ strategy with inferential question better than a class that uses a literal question. The response of students towards LBQ learning strategy with inferential question better than LBQ learning strategies with a literal question.
Keywords: LBQ, literal questions, inferential questions, critical thinking skill
Published
2014-02-12
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 31