Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Energi di SMP Negeri 1 Laren Lamongan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode peta kosep terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub pokok bahasan energi di SMP Negeri 1 Laren Lamongan. Rancangan penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan jenis Control Group Pretest-Postest. Penentuan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh kelas kontrol (VIII B) dan kelas eksperimen (VIII A). Perlakuan pertama dalam penelitian ini dengan memberikan pre-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di awal pertemuan, kemudian memberikan suatu proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan metode peta konsep pada kelas eksperimen dan model pembelajaran berpusat pada guru (teacher oriented) yang digunakan di SMP Negeri 1 Laren Lamongan pada kelas kontrol. Pada akhir pertemuan diadakan suatu post-test untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Hasil analisis ujit dua pihak didapatkan thitung sebesar 5,6 dengan ttabel sebesar 2,00, menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen (VIII A) berbeda dengan kelas kontrol (VIII B). Hasil uji-t satu pihak didapatkan thitung sebesar 5,16 dengan ttabel sebesar 1,67, menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen (VIII A) lebih baik daripada kelas kontrol (VIII B). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode peta konsep berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika pada sub pokok bahasan energi di SMP Negeri 1 Laren Lamongan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

