EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 7E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER 2 MAN BANGKALAN

  • Sofita Febriana
  • Alimufi Arief

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis kelas X MAN Bangkalan. Learning Cycle 7E merupakan model pembelajaran konstruktivis, dimana siswa menjadi subyek pembelajaran sedangkan guru hanya menjadi fasilitator serta pembimbing siswa. Dalam model pembelajaran ini,  siswa dapat mendiskusikan, menjawab dan menganalisis materi yang dipelajari secara aktif sehingga siswa lebih mudah untuk menerima dan memahami materi yang diajarkan. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X MAN Bangkalan dengan menggunakan rancangan penelitian Pre-Test dan Post-Test group. Dari analisis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Peningkatan yang dialami kelas eksperimen 1 berkategori rendah 0%, berkategori sedang sebanyak 88% dan berkategori tinggi sebanyak 12 %. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 2 berkategori rendah 3%, berkategori sedang 69%, dan berkategori tinggi 28%. Rata-rata hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berturut-turut adalah 3,6 dan 3,4 termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E efektif digunakan pada pokok bahasan listrik dinamis kelas X MAN Bangkalan.

Kata Kunci: Efektivitas , Learning Cycle 7E

 

Abstract

This research has a purpose to discribe the effectiveness of the application of Learning Cycle 7E method  on the subject of the elektrodynamic X grade MAN Bangkalan. Learning Cycle 7E is constructivis learning method  where student as subject of learning and the teacher as facilitator and student’s mentor. In this learning method, student were able to discuss, analyze and respond the material which has been studied actively in easier way to accept and understand. Population research was X grade MAN Bangkalan. Research design was pre-test and post-test group. The analysis study result of the student used t-test obtained that study result of the student has increased sinificantly before and after learning using Learning Cycle 7E method. The research’s result shown improvement of experimental class 1was categorized in three stages, low at 0%, medium at 88%, and high at 12%. In addition, the improvement of experimental class 2 wascategorized in three stages, low at 3%, medium at 69%, and high at 28%. The analysis of learning process’s result of experimental class 1 and 2 were 3,6 and 3,4. Both of them categorized in very well categories. Based on this analysis, it concluded that the application of Learning Cycle 7E’s method effective use on electrodinamyc subject X grade MAN Bangkalan.

Key Words : Effectivity, Learning Cycle 7E

Published
2013-11-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 23