Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Zat dan Wujudnya Melalui Kegiatan Lesson Study di SMP 21 Surabaya
Abstract
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi zat dan wujudnya melalui kegiatan lesson study dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mengajar guru serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang interaktif. Penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, hasil belajar, dan respons siswa terhadap model pembelajaran yang dilakukan melalui kegiatan lesson study. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui kegiatan lesson study dibatasi hanya pada materi zat dan wujudnya di kelas VII SMP Negeri 21 Surabaya sebanyak 38 siswa. Hasil telaah perangkat pembelajaran oleh dosen dan guru menyatakan bahwa grafik aktivitas siswa bersifat relatif, tergantung pada kondisi siswa. Hasil angket dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui kegiatan lesson study pada do pertama 72,22% siswa menyatakan suka sekali, 27,77% siswa menyatakan suka, pada do ke dua 59,45% siswa menyatakan suka sekali, 37,83% siswa menyatakan suka, 2,70% siswa menyatakan kurang suka pada do ke tiga 47,36% siswa menyatakan suka sekali, 50% siswa menyatakan suka, 2,63% siswa menyatakan kurang suka pada do ke empat 39,47% siswa menyatakan suka sekali, 55,26% siswa menyatakan suka, 5,26% siswa menyatakan kurang suka. Rata-rata hasil belajar yang dicapai setelah pembelajaran dengan penerapan pembelajaran koopertaif tipe STAD adalah 73,68; 72,89; 74,47; 77,63 masing-masing untuk do 1, do 2, do 3, dan do 4. Setelah proses analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam kegiatan lesson study termasuk dalam kategori baik, walaupun terjadi peningkatan dan penurun pada setiap pertemuan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

