Profil Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA Pada Materi Kalor

  • Ulfa Ainnur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Titin Sunarti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil HOTS peserta didik SMA pada materi kalor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Tuban pada tahun ajaran 2019/2020 yang telah mengikuti pembelajaran fisika pada materi kalor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes tertulis. Tes berbentuk essay berjumah 10 soal yang berisi ranah kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Tahap yang dilakukan yaitu mengembangkan instrumen penilaian HOTS yang sesuai dengan perumusan kompetensi HOTS fisika. Instrumen yang telah dikembangkan selanjutnya dilakukan uji validitas kepada tiga validator. Setelah dinyatakan valid, maka soal tersebut diterapkan kepada 3 kelas peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan perhitungan nilai peserta didik pada masing-masing kompetensi HOTS yang diujikan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, profil HOTS peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika materi kalor di SMAN 1 Tuban tergolong cukup baik. Instrumen penilaian HOTS yang telah dikembangkan dinyatakan layak. Hal ini sesuai dengan hasil penelitan berupa persentase peserta didik yang sudah memiliki HOTS cukup baik dalam menyelesaikan soal menganalisis (C4) sebesar 55,13%, soal mengevaluasi (C5) sebesar 30,77%, dan sebesar 14,10% untuk soal mencipta (C6).

 

Kata kunci: profil, HOTS, instrumen penilaian, dan kalor

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the HOTS profile of high school students in the heated material. This research is a descriptive study using quantitative descriptive methods. The research subjects used were students of class XI MIPA SMAN 1 Tuban in the 2019/2020 school year who had participated in learning physics in heat material. Data collection techniques used in this study used the written test method. The test consists of essays with ten questions containing cognitive domains that analyze (C4), evaluate (C5) and create (C6). The stage taken is developing HOTS assessment instruments that are following HOTS physics competency formulation. The instruments that have been designed are then tested for validity by three validators. After being declared valid, the problem is tested on three classes of students. The analysis technique used in this study uses the calculation of students value on each of the HOTS competencies tested. Based on the results of the study, the HOTS profile of students in solving the physics matter of heat material at SMAN 1 Tuban is quite good. The HOTS assessment instrument developed was feasible. This is following the results of research in the form of the percentage of students who already have HOTS quite well in solving problems analyzing (C4) by 55.13%, evaluating questions (C5) by 30.77%, and by 14.10% for creating items ( C6).

 

Keywords: the profile, HOTS, assessment instruments, and heat.

Published
2020-08-10
Section
Asesmen Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 263
PDF Downloads: 222