Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Topik Cahaya di MTs NU Trate Gresik
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di MTs NU Trate Gresik diketahui bahwa sekolah tersebut belum menerapkan pembelajaran inovatif yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan mendapatkan hasil belajar sesuai KKM. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan suatu model pembelajaran Learning Cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada topik cahaya, mengetahui aktivitas siswa dan mengetahui respon siswa. Rancangan penelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NU Trate Gresik. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (VIII-B, VIII-C dan VIII-D) dan satu kelas kontrol (VIII-A). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran (Learning Cycle 5E) berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika pada topik cahaya di kelas VIII MTs NU Trate Gresik dan siswa mempunyai aktivitas serta respon yang positif terhadap penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada topik cahaya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 95
,
PDF Downloads: 104



