Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa pada ‎Topik Cahaya di MTs NU Trate Gresik

Authors

  • Nurul Azizah
  • Titin Sunarti

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di MTs NU Trate Gresik diketahui bahwa sekolah tersebut belum menerapkan pembelajaran inovatif yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan mendapatkan hasil belajar sesuai KKM. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan suatu model pembelajaran Learning Cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada topik cahaya, mengetahui aktivitas siswa dan mengetahui respon siswa. Rancangan penelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NU Trate Gresik. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (VIII-B, VIII-C dan VIII-D) dan satu kelas kontrol (VIII-A). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran (Learning Cycle 5E) berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika pada topik cahaya di kelas VIII MTs NU Trate Gresik dan siswa mempunyai aktivitas serta respon yang positif terhadap penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada topik cahaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Azizah, N., & Sunarti, T. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa pada ‎Topik Cahaya di MTs NU Trate Gresik. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 51–56. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/364

Issue

Section

Articles
Abstract views: 66 , PDF Downloads: 94

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>