PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PROFIL JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Main Article Content

YAYUK SUHARNING RAHAYU
SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan media pengenalan profil jurusan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media pengenalan profil jurusan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu:(1) tahap analisis (analyze), (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan , (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Buduran. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penilaian dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 85,77%. Pencapaian nilai tersebut masuk pada interpretasi 81%-100%. Dengan demikian media pengenalan profil jurusan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android dapat dikatakan Sangat Baik. Sedangkan hasil dari penilaian respon siswa mendapat persentase nilai sebesar 90,02%. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa hasil tersebut masuk dalam kategori Sangat Baik pada rentang 81,25 – 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pengenalan profil jurusan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android yang dikembangkan layak digunakan dan mendapat respons yang baik dari siswa.

Article Details

How to Cite
SUHARNING RAHAYU, Y., & CHENDRA WIBAWA, S. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PROFIL JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/24675
Section
Articles