PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICIN “MULTIPLE INTELLIGENCES IN ONE” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS

Main Article Content

YAN PRAMANA HADI PUTRA
MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MICIN “Multiple Intelligences in One” yang layak digunakan, mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media dan mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran MICIN pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis. "MICIN" merupakan media pembelajaran yang dikembangkan peneliti dengan berbasis website. Metode penelitian yang digunakan adalah Four D (4D) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Adapun fitur MICIN berisi materi dan latihan soal tentang unsur-unsur tata letak pada mata pelajaran dasar desain grafis. Materi yang disediakan dalam media MICIN berbentuk modul, video, audio, dll. Instrumen penelitian yang gunakan adalah validasi media, RPP, angket Multiple Intelligences, angket respon siswa dan validasi butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah anlisis kelayakan media, RPP, angket respon dan hasil belajar, dengan kualifikasi penilaian menggunakan skala likert. Berdasarkan validasi dari ahli media, diperoleh hasil persentase sebesar 88.4% dan dinyatakan layak digunakan. Penelitian ini dilakukan terhadap 34 siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Pungging, untuk memperoleh hasil belajar dalam penelitian ini, siswa diberikan pretest dan posttest. Hasil angket respon siswa terhadap media sebesar 87.3%. Dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran MICIN selama pembelajaran sangat baik. Hasil rata-rata nilai posttest setelah menggunakan media yaitu 80.5 dibandingkan dengan siswa sebelum menggunakan media pembelajaran yaitu 54.45. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar setelah menggunakan media. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penambahan fitur dan perbaikan error pada media agar sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Multiple Intelligences, Dasar Desain Grafis, Hasil Belajar

Abstract

This research aims to develop learning media MICIN "Multiple Intelligences in One" a decent used, knowing the student response to use media and knowing student learning results after using learning media MICIN on basics of graphic design subjects. "MICIN " is learning media developed by researcher based website. Research methods used are Four D (4D) consisting of 4 phases, namely Define, Design, Develop and Disseminate. MICIN feature contains material and exercises a matter about the elements layout on basics of graphic design subjects. The material provided in the MICIN media shaped modules, video, audio, etc. Research instruments that use is validation of media, RPP, Multiple Intelligences questionnaire, student response questionnaire and item validation. Based on validation from the media experts, obtained the percentage of 88.4% and were declared worthy of use. This research was conducted against the 34 students of X grade Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Pungging, to get results of learn from this research, students given pretest and posttest. The results of the student response against media about 87.3%. Can be concluded that the response of the students against the MICIN learning media during learning very well. The results of the average value of posttest after using media about 80.5 compared to students before learning to use media learning about 54.45. This proves that a difference in learning results after using media. Suggestions for further research is the addition of features and fixes bugs on media to fit the needs of the world of education.

Keyword: Learning Media, Multiple Intelligences, basic graphic design, learn results

Article Details

How to Cite
PRAMANA HADI PUTRA, Y., & SONDANG SUMBAWATI, M. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICIN “MULTIPLE INTELLIGENCES IN ONE” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/27028
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>