MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO

Main Article Content

Fitri Wijayanti
MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menguji kelayakan media pembelajaran mobile menggunakan mind map pada mata pelajaran sistem komputer (2) Mengetahui hubungan antara motivasi dan hasil belajar dengan media mobile menggunakan mind map.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Buduran Sidoarjo kelas X Teknik Komputer Jaringan 2. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan metode Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Uji kelayakan media pembelajaran yang sudah divalidasi memperoleh skor 84,44%, hasil validasi RPP memperoleh skor 92%, hasil validasi soal posttest memperoleh skor 98,5%, hasil validasi materi memperoleh skor 92%, dan hasil validasi motivasi belajar memperoleh skor 90%. (2) Hasil hipotesis menggunakan Correlation didapatkan nilai P-Value 0.000 yang berarti jika nilai P-Value diatas dari 0.05 menerima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi dan hasil belajar dengan media mobile menggunakan mind map.Kata Kunci :ADDIE, Hasil belajar, Media Pembelajaran Mobile, Mind Map, Motivasi Belajar.

Article Details

How to Cite
Wijayanti, F., & SONDANG SUMBAWATI, M. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/26132
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>