Pengaruh Penggunaan Learning Management System Berbasis Chamilo dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer

Main Article Content

FARADINA TRESINDA PERTIWI
MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengembangkan e-learning dengan menggunakan chamilo untuk media belajar kelas X jurusan Multimedia. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kelayakan e-learning berbasis chamilo yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran sistem komputer; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar sistem komputer antara siswa yang menggunakan media e-learning dengan LMS chamilo dan powerpoint; (3) mengetahui perbedaan hasil belajar sistem komputer antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah; (4) mengetahui interaksi antara penerapan e-learning LMS chamilo, powerpoint dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sistem komputer. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Driyorejo pada kelas X-MM-1 sebanyak 32 siswa dan kelas X-MM-2 sebanyak 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran yaitu ADDIE dan metode penelitiannya adalah metode quasi eksperimen jenis factorial design 2x2. Teknik analisis data yaitu ANOVA dua jalur yang telah memenuhi syarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil media pembelajaran yang divalidasi oleh validator memiliki rata-rata sebesar 89,74%, dapat disimpulkan media layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh siswa (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan media LMS Chamilo lebih tinggi dibanding powerpoint dengan nilai Fhitung (8,404) > Ftabel (4,00). (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dengan nilai Fhitung (32,615) > Ftabel (4,00). (4) tidak terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran (LMS chamilo dan powerpoint) dengan motivasi belajar Fhitung (0,159) < Ftabel (4,00). Penerapan e-learning berbasis chamilo pada penelitian ini hanya pada mata pelajaran Sistem Komputer, diharapkan kedepannya pemanfaatan e-learning berbasis chamilo dapat diterapkan kedalam mata pelajaran lainnya.

Kata kunci: ADDIE, Hasil Belajar, LMS, Chamilo, powerpoint, Motivasi Belajar.

Article Details

How to Cite
TRESINDA PERTIWI, F., & SONDANG SUMBAWATI, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Berbasis Chamilo dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/27029
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>