PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN METODE MOBILE DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMKN 12 SURABAYA

Main Article Content

NORMA LITASARI
SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract

Abstrak

Mobile Learning Pemrograman Dasar adalah media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berbentuk aplikasi android. Berbeda pada media pembelajaran pada umumnya, isi pada media ini berisikan materi pembelajaran khususnya mengenai Perulangan dan Fungsi pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan bahasa Javascript. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dari siswa yang telah menggunakan media media pembelajaran berbasis android ini dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android ini. Hasil dari pada pengujian kevalidan media pembelajaran ini yang dilakukan oleh para validator, menyatakan bahwa media ini dapat dikategorikan layak untuk digunakan dengan persentase nilai 91,4% untuk validasi media dan 92,2%untuk validasi soal yang terdapat pada media pembelajaran ini. Berdasarkan hasil dari penelitian juga diketahui hasil belajar peserta didik melalui soal-soal pretest dan posttest yang telah diberikan kepada 35 siswa kelas X MM 1 dan MM 2 di SMKN 12 Surabaya, dan menunjukkan bahwa hasil belajar dari peserta didik setelah menggunakan media (postest) mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu dengan rata-rata nilai 90 dibandingkan dengan hasil dari siswa sebelum mempergunakan media (pretest) yaitu sebesar 73 Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar setelah menggunakan media pembelajaran tersebut.

Kata kunci : Media Pembelajaran Android, Pemrograman Dasar, Hasil Belajar, Respon Siswa






Article Details

How to Cite
LITASARI, N., & CHENDRA WIBAWA, S. (2019). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN METODE MOBILE DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMKN 12 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/28847
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>