Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Katolik St. Louis Surabaya
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Riset ini dilakukan dengan maksud menguji perbedaan prestasi belajar peserta didik yang bermain game online dan yang tidak bermain game online, hubungan antara peserta didik yang banyak bermain game dan tidak bermain game terhadap prestasi belajar peserta didik, dan hubungan antara intensitas interval lamanya waktu bermain game dengan prestasi belajar peserta didik. Metode yang dipakai yaitu ex post facto causal research (penelitian korelasi). Dalam penelitian ini terdapat Uji normalitas, Uji Homogenitas, Uji T dan korelasi. SPSS digunakan sebagai alat untuk mengolah data tersebut. Hasil riset memperlihatkan bahwa: (1) terdapat nilai 0,594 yang berarti tidak terdapat adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang bermain game online dengan yang tidak bermain game, (2) terdapat nilai 0,579 dan koefisien korelasinya -0,068 yang artinya tidak ada hubungan banyaknya peserta didik yang memainkan jenis game tertentu terhadap prestasi belajar peserta didik namun terdapat hubungan yang negatif yang rendah, (3) terdapat nilai 0,566 dan koefisien korelasi -0,070 yang artinya tidak ada hubungan peserta didik yang memainkan game dengan interval waktu tertentu terhadap prestasi belajar peserta didik.