Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Katolik St. Louis Surabaya

Authors

  • ALGHANI IMANSYAH UTOMO
  • SETYA CHENDRA WIBAWA

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v4i1.29369

Abstract

Abstrak

Riset ini dilakukan dengan maksud menguji perbedaan prestasi belajar peserta didik yang bermain game online dan yang tidak bermain game online, hubungan antara peserta didik yang banyak bermain game dan tidak bermain game terhadap prestasi belajar peserta didik, dan hubungan antara intensitas interval lamanya waktu bermain game dengan prestasi belajar peserta didik. Metode yang dipakai yaitu ex post facto causal research (penelitian korelasi). Dalam penelitian ini terdapat Uji normalitas, Uji Homogenitas, Uji T dan korelasi. SPSS digunakan sebagai alat untuk mengolah data tersebut. Hasil riset memperlihatkan bahwa: (1) terdapat nilai 0,594 yang berarti tidak terdapat adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang bermain game online dengan yang tidak bermain game, (2) terdapat nilai 0,579 dan koefisien korelasinya -0,068 yang artinya tidak ada hubungan banyaknya peserta didik yang memainkan jenis game tertentu terhadap prestasi belajar peserta didik namun terdapat hubungan yang negatif yang rendah, (3) terdapat nilai 0,566 dan koefisien korelasi -0,070 yang artinya tidak ada hubungan peserta didik yang memainkan game dengan interval waktu tertentu terhadap prestasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-07-2019

How to Cite

IMANSYAH UTOMO, A., & CHENDRA WIBAWA, S. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Katolik St. Louis Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(1). https://doi.org/10.26740/it-edu.v4i1.29369
Abstract views: 509 , PDF Downloads: 479

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>