Penerapan M-Learning Berbasis Moodle Mobile Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK

Main Article Content

Arman Johan
SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract

Penggunaan ponsel pintar yang dimiliki oleh siswa dan guru kebanyakan hanya digunakan untuk mengirim pesan, telepon, SMS, dan menggunakan media sosial. Hanya sedikit yang digunakan untuk penggunaan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk menggunakan ponsel pintar untuk kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran menggunakan Moodle Mobile. Penelitian ini bertujuan (1) Mendapatkan hasil respon siswa terhadap penerapan Moodle Mobile untuk pembelajaran sistem komputer di SMK (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Moodle Mobile untuk sistem komputer dalam pembelajaran profesional . Metode ADDIE digunakan oleh penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Lamongan dengan kelas X Jurusan TKJ sebanyak dua kelas sebagai sampel. Data penelitian dianalisis menggunakan metode Uji-T independen dua sampel. Penelitian ini mendapatkan hasil respon siswa untuk menggunakan Moodle Mobile sangat baik. Dari aspek Operability, Learnability, Understandability, dan Attrativeness masing-masing mencapai skor 91,07%, 86,13%, 86,80%, 87,36%. Dari analisis studi bagi siswa dari kedua kelas menggunakan Uji-T independent dua sampel menunjukkan bahwa nilai uji-T mencapai 0,046 di mana nilai di bawah nilai signifikansi yaitu 0,05 sehingga hasilnya adalah ada perbedaan antara hasil belajar menggunakan cara konvensional dan Moodle Mobile.

Article Details

How to Cite
Johan, A., & CHENDRA WIBAWA, S. (2019). Penerapan M-Learning Berbasis Moodle Mobile Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/31412
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>