PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE MOODLECLOUD BERBANTU CISCO PACKET TRACER UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN

Main Article Content

Dimas Pangestu
Meini Sondang Sumbawati

Abstract

Berfikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki di abad 21. Berfikir kritis atau Critical Thinking merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa SMK sehingga materi yang disampaikan dan praktikum yang diajarkan mudah untuk dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan pengembangan modul pembelajaran berbasis materi cisco packet tracer pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan di kelas XI TKJ SMKN 1 Pungging (2) Mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis Online Moodlecloud berbantu cisco packet tracer dengan yang menggunakan media Powerpoint (3) Mengetahui tingkat Critical Thinking pada siswa. Metode Penelitian yang digunakan quasi experimental design dengan tipe non-equivalent control group design melibatkan XI TKJ 1 sebanyak 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan XI TKJ 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian pengembangan yang digunakan ialah Waterfall menurut Pressnan (2015) dengan 5 tahapan. Teknik pengumpulan data melalui validasi modul, soal tes dan angket Critical Thinking yang telah divalidasi ahli. Teknik analisa data hasil belajar menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil validasi kelayakan modul yang dikembangkan dengan software articulate storyline 3 telah divalidasi oleh ahli memperoleh prosentase rata-rata sebesar 90% sehingga modul sangat layak digunakan. Hasil pengujian tes belajar menunjukkan bahwa hasil belajar kelas XII TKJ 1 yang menggunakan modul berbasis Online Moodlecloud memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa XI TKJ 3 yang menggunakan media berupa Powerpoint. Hasil pengujian uji-t diperoleh nilai t-hitung sebesar 5.153 > t tabel 1.99714 serta Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hasil pengujian angket Critical Thinking diperoleh nilai lebih tinggi pada kelas eksperimen dengan rata-rata 81,8% dengan 18 siswa memiliki Critical Thinking tinggi dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 76,3 % dengan 4 siswa memiliki Critical Thinking tinggi.

Article Details

How to Cite
Pangestu, D., & Sumbawati, M. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE MOODLECLOUD BERBANTU CISCO PACKET TRACER UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 96-104. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36459
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>