KORELASI ANTARA KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI INTERAKTIF AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X TKJ

Authors

  • Putri Nurul Fitriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Meini Sondang Sumbawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i2.36660

Abstract

Kreatifitas pada intinya yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membuat sesuatu hal baru, bisa berupa gagasan ataupun karya yang nyata serta berbeda dari sebelumnya (Narwati:2014). Menurut Susanto (2016:12) berpendapat bahwa hasil pencapaian belajar siswa ialah hasil interaksi dari berbagai faktor misalnya faktor internal seperti kreatifitas, minat siswa, maupun faktor eksternal misalnya suasana belajar, dan model belajar.   Mata pelajaran Dasar Desain Grafis banyak menuntut kemampuan berfikir kreatif siswa. Oleh karena itu dibutuhkan modul berbasis aplikasi autoplay media studio yang interaktif dan diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas siswa. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui validitas modul autoplay; (2) kreativitas siswa dalam menggunakan modul pembelajaran berbasis aplikasi interaktif Autoplay Media Studio;  (3) mengeatui perbedaan hasil belajar antara siswa menggunakan modul berbasis aplikasi interaktif autoplay media studio dengan siswa yang menggunakan media berbasis powerpoint; dan (4) Untuk mengetahui tingkat korelasi antara kreatifitas dan hasil belajar dari siswa. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan tipe pretest-posttest non-equivalent group design. Pengembangan modul aplikasi autoplay media studio menggunakan waterfall. Instrumen penelitian yang digunakan validasi modul, test hasil belajar, dan tes kreatifitas, dengan teknik analisis data Paired Sample T-Test dan Pearson correlation. Hasil validasi modul diperoleh nilai 91.6% sehingga modul sangat layak digunakan untuk pembelajaran Dasar Desain Grafis. Hasil dari penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar, diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. dan uji korelasi yang dilakukan antara hasil belajar dengan kreatifitas diperoleh nilai 0,666 > r tabel 0,4296 dengan nilai Sig. (2-tailed) diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang kuat antara kreatifitas dan hasil belajar oleh siswa menggunakan modul pembelajaran berbasis aplikasi interaktif autoplay media studio.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-06-2020

How to Cite

Fitriyah, P. N., & Sumbawati, M. S. (2020). KORELASI ANTARA KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI INTERAKTIF AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X TKJ. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 141–151. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i2.36660

Issue

Section

volume 05 Nomor 01
Abstract views: 273 , PDF Downloads: 299