RANCANG BANGUN APLIKASI PERHITUNGAN LINK BUDGET BERBASIS DESKTOP PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI JARINGAN BERBASIS LUAS UNTUK MENGETAHUI CRITICAL THINKING SISWA KELAS XI TKJ SMKN 1 PUNGGING

Main Article Content

Devi Ayu Kalina
Meini Sondang Sumbawati

Abstract

Teknologi informasi merupakan entitas yang tidak terbatas dan perkembangannya begitu cepat dan dibutuhkan dalam pendidikan. Oleh karena itu, infrastruktur yang memadai dan memuaskan sangat diperlukan dengan cara melakukan perhitungan link budget terlebih dahulu. Aplikasi perhitungan link budget berbasis desktop menjelaskan tentang cara menghitung parameter dalam transmisi sinyal melalui media transmisi. Penelitian ini untuk mengetahui hasil validasi, critical thinking, dan hasil belajar siswa dengan adanya aplikasi perhitungan link budget.  Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation) dengan sampel siswa kelas XI TKJ 3. Selain itu terdapat 5 teknik analisis data yaitu analisis validasi RPP, materi, media, critical thinking dan soal pretest dan posttest. Instrumen penelitian terdiri atas lembar validasi media aplikasi, tes hasil belajar dan angket critical thinking. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan deskriptif dan uji non parametrik. Hasil instrumen angket critical thinking yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah pemberian media pembelajaran, menunjukkan adanya peningkatan sebesar 6,4% pada critical thinking siswa sesudah adanya perlakuan. Dari hasil analisis penelitian diperoleh (2-failed) 0,000 < 0,05 nilai rata-rata hasil belajar siswa lebih tinggi setelah adanya pembelajaran dibandingkan sebelum adanya perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar dan critical thinking siswa setelah penggunaan media aplikasi perhitungan link budget.

Article Details

How to Cite
Kalina, D., & Sumbawati, M. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI PERHITUNGAN LINK BUDGET BERBASIS DESKTOP PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI JARINGAN BERBASIS LUAS UNTUK MENGETAHUI CRITICAL THINKING SISWA KELAS XI TKJ SMKN 1 PUNGGING. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 445-453. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37930
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>