Rancang Bangun Media Pembelajaran ‘Gdmedia’ Berbasis Website Dengan Pendekatan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Mendesain Poster Pada Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian Desain Grafis (Studi Kasus Siswa Kelas XI DKV Di SMKN 6 Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i2.61640Abstract
Desain grafis ialah bidang Pelajaran yang mengalami perkembangan pesat dalam dunia industri kreatif. Meningkatnya kompleksitas tuntutan industri dan kebutuhan tentang pengembangan keterampilan kreativitas mendorong guru-guru untuk menyajikan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan di masa depan. Namun, di SMKN 6 Surabaya, kurangnya strukturisasi tentang susunan materi pembelajaran sehingga hal tersebut menjadi tantangan untuk guru agar dapat membawa pembaruan untuk mempraktikan aktivitas pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini mengembangkan suatu platform pembelajaran berbasis website melalui pendekatan Project Based Learning/ PjBL guna peningkatan kompetensi mendesain poster pada siswa kelas XI DKV dengan konsentrasi keahlian desain grafis. Model penelitian menggunakan pengembangan ADDIE yakni terdiri dari: Analyze, Development, Design, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian yakni website ‘GDMedia’ terbukti dapat memberikan perbedaan hasil kompetensi siswa dalam mendesain poster dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran ‘GDMedia’ pada konsentrasi keahlian desain grafis. Dimana kelas eksperimen (XI DKV 1) nilai rata-rata 84.23, sedangkan kelas kontrol (XI DKV 2) skor rata-rata 64.71. Skor hasil uji hipoteses juga mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima dalam arti terdapat perbedaan hasil kompetensi desain poster peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis web ‘GDMedia’ dengan PjBL pada siswa kelas XI DKV di SMKN 6 Surabaya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

