Efektivitas LMS Berbasis Website “Smartnet” dengan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Administrator Jaringan

Authors

  • Dimas Agung Nugroho Universitas Negeri Surabaya
  • Martini Dwi Endah Susanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70861

Abstract

Era Society 5.0 diharapkan mampu meningkatka kualitas pembelajaran Society 5.0 akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Media pembelajaran yang baik akan mendukung pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah LMS berbasis web bernama Smartnet dan meningkatkan kompetensi administrator jaringan di SMK Negeri 3 Buduran, khususnya siswa kelas XI TKJ melalui learning management system berbasis web Smartnet. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian kuantitatif juga dipergunakan pada penelitian ini karena peneliti akan mengumpulkan data melalui pretest dan posttest yang akan digunakan untuk mengetahui dampak dari LMS Smartnet berbasis web terhadap peningkatan kompetensi administrator jaringan. Temuan mengindikasikan LMS pada situs web Smartnet terbukti memiliki kemampuan untuk meningkatkan hasil kompetensi administrator jaringan siswa sebelum dan sesudah menggunakan LMS pada situs web Smartnet. Hasil nilai uji hipotesis juga memiliki nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menandakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan arti terdapat perbedaan hasil kompetensi administrator jaringan setelah menggunakan LMS berbasis website Smartnet pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 3 Buduran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Nugroho, D. A., & Susanti, M. D. E. (2025). Efektivitas LMS Berbasis Website “Smartnet” dengan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Administrator Jaringan. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 235–249. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70861
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 18

Most read articles by the same author(s)