Rancang Bangun Pixel Edu Berbasis Website Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Materi Fotografi (Studi Kasus: Kelas XI DKV SMK PGRI 2 Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i01.66124Abstract
Kemampuan psikomotorik siswa dalam materi Fotografi memegang peranan penting dalam penguasaan keterampilan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji efektivitas Pixel Edu, sebuah media pembelajaran berbasis website yang menerapkan pendekatan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa kelas XI DKV di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) serta mengikuti model ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, angket validasi ahli dan post-test psikomotorik terhadap 65 siswa. Hasil validasi menunjukkan rata-rata persentase sebesar 93,76%, yang memenuhi kriteria “Sangat Valid” untuk media, rencana pembelajaran, materi, dan soal posttest. Persentase keberhasilan 94,28% di black box testing. Menurut hasil uji hipotesis (uji-t), didapatkan nilai signifikan sebesar 0,001, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pixel Edu, dengan model pembelajaran berbasis proyek, merupakan media yang efektif untuk mendukung proses belajar mengajar dan secara substansial meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa membandingkanya pendekatan pembelajaran berbasis guru. Penelitian ini juga membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut pada materi lain dengan penerapan model serupa untuk mendukung keberlanjutan inovasi dalam proses pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

