Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Website Dengan Model Pembelajaran PjBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Instalasi Jaringan Fiber Optik (Studi Kasus : Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Cerme)

Authors

  • Hoirotun Nafi'ah Universitas Negeri Surabaya
  • Ekohariadi Ekohariadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i3.64585

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis web sebagai alat pembelajaran, serta mengukur dampak Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam memasang jaringan serat optik pada mata pelajaran Jaringan Luas (WAN). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) digunakan dengan desain kuasi-eksperimental pretest-posttest satu kelompok dalam penelitian ini. Data diperoleh dari populasi siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 1 Cerme, yang berjumlah 30 siswa, dan melibatkan validator ahli dari dosen dan guru. Analisis validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran, bahan ajar, soal ujian, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), masing-masing memperoleh nilai validitas yang sangat tinggi, yaitu 85%, 94%, 96%, dan 86%. Rata-rata keseluruhan mencapai 90,25%, menunjukkan bahwa media ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Nilai signifikansi yang dicapai, menurut temuan uji hipotesis, adalah 0,001 > 0,05, ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara penggunaan aplikasi berbasis web dan peningkatan kinerja siswa dalam tes psikomotor. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ini dengan pembelajaran berbasis proyek akan berhasil meningkatkan keterampilan psikomotor siswa dalam instalasi jaringan serat optik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-12-2024 — Updated on 13-01-2025

Versions

How to Cite

Nafi’ah, H., & Ekohariadi, E. (2025). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Website Dengan Model Pembelajaran PjBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Instalasi Jaringan Fiber Optik (Studi Kasus : Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Cerme). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(3), 20–30. https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i3.64585 (Original work published December 1, 2024)
Abstract views: 184 , PDF Downloads: 92

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4