Rancang Bangun Media Pembelajaran “Nesaprow” Berplatform Website Dengan Model Pembelajaran PjBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Web Pada Siswa Program Keahlian RPL (Studi Kasus Siswa Kelas XI RPL Di SMK Semen Gresik)
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i2.62492Abstract
Kompetensi pemrograman web yakni skill skill yang wajib dikuasai oleh peserta didik pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, model pembelajaran dan dan media yang digunakan sangat berdampak pada rendahnya nilai kognitif dan psikomotorik siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut solusi yang diperlukan yakni perancangan media pembelajaran “NesaProw” menggunakan framework Laravel dengan model Project Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yakni umumnya disingkan R&D dengan model ADDIE. Desain uji coba yang dipakai yakni post-test only control group design dengan melakukan penerapan uji quasi eksperimen. Hasil analisa validasi media oleh validator dosen dan guru dengan tingkat validitas masing – masing antara lain media senilai 91% (sangat valid), materi senilai 97% (sangat valid), RPP senilai 91% (sangat valid), dan soal senilai 96% (sangat valid), sehingga layak digunakan untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran. Kemudian untuk hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test terhadap data rata-rata post-test kognitif kelas kontrol adalah 69,3, sedangkan kelas eksperimen yakni 83,1 serta data rata-rata post-test psikomotorik kelas kontrol yakni 69,4, sedangkan kelas eksperimen adalah 86,1 diperoleh nilai Sig. senilai 0,000 < 0,05, dengan demikian bisa dilakukan pengambilan kesimpulan (H0) dilakukan penolakan serta (H1) dilakukan penerimaan, dengan artian terdapat perbedaan kompetensi kognitif dan psikomotorik pemrograman web pada siswa kelas XI RPL dalam pembelajaran berplatform website dengan model PJBL.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

