METODE GAMIFICATION PADA PEMROGRAMAN DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Main Article Content

Ahmad Kamal Asri Julianto
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Ketertarikan dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pemrograman dasar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Proses pembelajaran yang secara monoton dengan metode ceramah membuat siswa merasa bosan dan kehilangan minat dalam mengikuti pembelajaran. Namun, pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kertertarikan dan motivasi siswa. Dalam penelitian ini, kami mengunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menjabarkan penerapan metode gamifikasi dalam proses pembelajaran pemrograman dasar yang bertujuan meningkatkan ketertarikan dan motivasi belajar siswa. Hasil dari review 15 jurnal menunjukkan bahwa : 13 jurnal menjabarkan penerapan metode gamifikasi dalam pembelajaran berbasis e-learning. Elemen gamifikasi yang dapat diterapkan dalam media e-learning seperti : lencana (14 jurnal), poin (14 jurnal), tantangan (13 jurnal), papan peringkat (12 jurnal), level (10 jurnal), progress bar (7 jurnal), profil (4 jurnal), dan feedback (4 jurnal). Berdasarkan pada hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-learning yang terdapat elemen gamifikasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar.

Article Details

How to Cite
Julianto, A., & Ekohariadi, E. (2020). METODE GAMIFICATION PADA PEMROGRAMAN DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 77-84. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36411
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>