PENGEMBANGAN APLIKASI ASSESSMENT TOOL MENGGUNAKAN METODE COSINE SEMANTIC SIMILARITY UNTUK AUTOMATIC SCORING JAWABAN TES URAIAN PADA MATA PELAJARAN BASIS DATA DI SMKN 1 SURABAYA

Main Article Content

Muhammad Walid Arbiantono
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Teknologi informasi dan komputer (TIK) telah mengalami perkembangan yang sangat singnifikan, begitupun dengan dunia pendidikan yang juga telah mengalami proses perubahan dalam sistem pendidikan dan pengajaran. Hal ini menuntut para pendidik untuk terus mengikuti perubahan dan perkembangan teknologi untuk mendukukng proses pembelajaran. Aplikasi assesment tool merupakan aplikasi untuk merancang dan mengaplikasikan penilaian pada sistem ujian tes uraian secara otomatis. Aplikasi tersebut dikembangkan menggunakan metode cosine semantic similarity untuk menerapkan automatic scoring pada jawaban tes uraian. Aplikasi assessment tool dikembangkan menggunakan metode research and development oleh Plomp. Berdasarkan hasil validasi media oleh para ahli, aplikasi assessment tool mendapatkan presentase sebanyak 90% dengan tingkat sangat layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Hasil akhir penilaian menggunakan metode cosine semantic similarity tidak ada perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan penilaian secara manual dikarenkan penilaian manual memperoleh skor rata – rata 85,14 dan penilaian sistem memperoleh skor rata rata 84,91. Aplikasi tersebut juga menerapkan automatic scoring dan memiliki tingkat kesamaan 0,410 dengan sistem manual berdasarkan uji realibilitas dengan metode Kappa. Dapat dilihat dari nilai kesamaan tersebut, menunjukkan bahwa automatic scorring dan penilaian jawaban tes uraian secara manual memiliki kesamaan yang cukup baik sehingga sistem dapat digunakan untuk menilai jawaban essay secara otomatis.

Article Details

How to Cite
Arbiantono, M., & Ekohariadi, E. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI ASSESSMENT TOOL MENGGUNAKAN METODE COSINE SEMANTIC SIMILARITY UNTUK AUTOMATIC SCORING JAWABAN TES URAIAN PADA MATA PELAJARAN BASIS DATA DI SMKN 1 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 657-666. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/41430
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>