STUDI LITERATUR EFEKTIFITAS E-LEARNING MELALUI EDMODO DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DI SMK

Authors

  • Luthfan Zhafiri Universitas Negeri Surabaya
  • Ekohariadi Ekohariadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v6i1.39752

Abstract

Ditengah upaya pemerintah memutus penyebaran COVID-19. Pemerintah memberlakukan isolasi mandiri terhadap masyarakat. Sehingga banyak universitas mengalihkan semua kegiatan pembelajaran yang ada dikelas menjadi pembelajaran mandiri atau menjadi pembelajaran online dirumah. Edmodo dan Google Classroom adalah layanan e-learning berbasis internet yang disediakan sebagai sebuah jaringan belajar yang memungkinkan pengajar berbagi materi pembelajaran, memberikan kuis dan tugas, serta berkomunikasi dengan pelajar yang lain tanpa harus tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan Edmodo dan Google Classroom. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), yang terdiri dari 4 langkah penelitian yaitu Research Question, Search Process, Inclusion  and Exclusion Criteria dan Quality Assesment. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa efektifitas e-learning Edmodo dan Google Classroom efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran, karena proses pembelajaran tidak hanya terpaku dalam satu waktu dan dalam ruangan saja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-05-2021

How to Cite

Zhafiri, L., & Ekohariadi, E. (2021). STUDI LITERATUR EFEKTIFITAS E-LEARNING MELALUI EDMODO DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DI SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 564–572. https://doi.org/10.26740/it-edu.v6i1.39752

Issue

Section

volume 05 Nomor 01
Abstract views: 714 , PDF Downloads: 1109

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>