PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA CHAMILO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Eli Zuliana Putri
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswa sulit memahami materi pelajaran, kurangnya variasi dalam pemilihan model pembelajaran menjadi salah satu faktor utama rendahnya hasil belajar siswa. Kurangnya respon dan semangat belajar siswa mengakibatkan rendahnya motivasii serta minat belajar siswa. Metode Snowball Throwing adalah kegiatan pembelajaraan yang disertai dengan permainan pelemparan kertas berisi pertanyaan yagn dibentuk menyerupai bola salju, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi jauh lebih menyenangkan. Model pembelajaran snowball throwing berpusat kepada siswa (student centered) sehingga siswa dituntut aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan artikel ilmiah ini yaitu mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap motivasi serta prestasi belajar siswa, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media Chamilo terhadap hasil belajar siswa. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi media pembelajaran berbasis LMS Chamilo akan menjadikan proses pembelajaran mengajar lebih interaktif dan menarik sehingga dapat menaikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Penilitian ini menggunakan studi kepustakaan atau studi literatur dengan mengkaji beberapa jurnal, buku, internet dan  lain-lain yang relevan. Hasil penelitian diambil dari beberapa jurnal relevan yang selanjutnya dianalisis dan dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya terlihat adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada siswa, kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,56 sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,23.

Article Details

How to Cite
Putri, E., & Ekohariadi, E. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA CHAMILO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 109-118. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/45092
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>