PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS MOBILE GLIDEAPPS PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN KELAS X DKV SMK NEGERI 1 CERME GRESIK

Main Article Content

Dhimas Aufarul Minan
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Perubahan dalam dinamika dunia pendidikan terlihat sangat jelas dengan situasi pasca pandemi saat ini. Terutama pada faktor proses belajar mangajar. Kondisi ini mengharuskan sistem pendidikan melakukan berbagai inovasi serta improvisasi dalam pembelajaran demi tercapainya kualitas pendidikan yang baik. Menyikapi hal tersebut belakangan ini mulai populer istilah hybrid learning yang mengintegrasikan metode ajar secara tatap muka dengan pembelajaran dalam jaringan melalui media pembelajaran online yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi E-modul berbasis mobile pada mata pelajaran kejuruan guna meningkatkan prestasi belajar serta mengetahui efektifitas dari elektronik modul. Peneliti menggunakan metode ADDIE sebagai model pengembangan aplikasi ini. Dalam proses analisis pengaruh dari penggunaaan aplikasi peneliti menggunakan metode Quasi Experimental Design. Hasil kelayakan media pembelajaran ini oleh para ahli memiliki hasil antara lain: rata-rata hasil validasi memperoleh skor 91,33%, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapat presentase skor 86,83%, Untuk validasi materi mendapat presentase skor 86,67%. Validasi pada item soal pre-test dan post-test mendapat presentase skor 93,54%, validasi pada angket respon siswa mendapat skor 80,79%. Mengacu hasil penilaian diatas maka dari itu hasil pembelajaran dengan E-modul layak diterapkan dalam sebuah proses pembelajaran. Dengan hasil nilai Sig(2-tailed) penelitian ini adalah 0,006 (ꝑ<0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan dari rata-rata nilai antara siswa yang menggunakan E-modul dan yang tidak menggunakan E-modul.

Article Details

How to Cite
Minan, D., & Ekohariadi, E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS MOBILE GLIDEAPPS PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN KELAS X DKV SMK NEGERI 1 CERME GRESIK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 36-45. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/49048
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>