PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN CLOUD COMPUTING DI SMKN 1 KEMLAGI

Main Article Content

Nevi Dila Restu Anggraeni
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran Cloud Computing. Media pembelajaran ini berisi tentang materi dan soal untuk memudahkan siswa dalam belajar, tujuan pembuatan media ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa. Hasil dari pengujian kevalidan media pembelajaran ini dilakukan oleh para validator yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini dikategorikan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan nilai sebesar 3,8. Begitupun untuk soal juga mendapatkan nilai sebesar 3,8 oleh validator sehingga dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil dari penelitian juga diketahui hasil belajar siswa melalui soal-soal pretest dan posttest yang telah diberikan kepada 36 siswa masing-masing kelas X TKJ 2 dan X TKJ 3 di SMKN 1 Kemlagi menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan media(posttest) mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu dengan rata-rata 74,2 dibandingkan dengan hasil dari menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu 67,2.  Hasil t-hitung diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan perbedaan yang signifikan ratarata kedua kelas, maka hipotesis diterima. Dengan demikian hasil belajar siswa  yang menggunakan media pembelajaran berbasis website lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis website, dapat disimpulkan bahwa media ini layak digunakan untuk pembelajaran sehingga menghasilkan kualitas belajar yang lebih baik daripada sebelumnya.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, N., & Ekohariadi, E. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN CLOUD COMPUTING DI SMKN 1 KEMLAGI. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 26-31. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/58276
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>