METODE GAMIFICATION PADA PEMROGRAMAN DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Ahmad Kamal Asri Julianto Universitas Negeri Surabaya
  • Ekohariadi Ekohariadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i1.36411

Abstract

Ketertarikan dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pemrograman dasar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Proses pembelajaran yang secara monoton dengan metode ceramah membuat siswa merasa bosan dan kehilangan minat dalam mengikuti pembelajaran. Namun, pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kertertarikan dan motivasi siswa. Dalam penelitian ini, kami mengunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menjabarkan penerapan metode gamifikasi dalam proses pembelajaran pemrograman dasar yang bertujuan meningkatkan ketertarikan dan motivasi belajar siswa. Hasil dari review 15 jurnal menunjukkan bahwa : 13 jurnal menjabarkan penerapan metode gamifikasi dalam pembelajaran berbasis e-learning. Elemen gamifikasi yang dapat diterapkan dalam media e-learning seperti : lencana (14 jurnal), poin (14 jurnal), tantangan (13 jurnal), papan peringkat (12 jurnal), level (10 jurnal), progress bar (7 jurnal), profil (4 jurnal), dan feedback (4 jurnal). Berdasarkan pada hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-learning yang terdapat elemen gamifikasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-09-2020

How to Cite

Julianto, A. K. A., & Ekohariadi, E. (2020). METODE GAMIFICATION PADA PEMROGRAMAN DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 77–84. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i1.36411

Issue

Section

volume 05 Nomor 01
Abstract views: 1136 , PDF Downloads: 1889

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>