PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D JURUSAN MULTIMEDIA Di SMKN 1 DRIYOREJO
Main Article Content
Abstract
Penelitian didasarkan karena hasil pengamatan dimana murid pada pembelajaran kurang aktif, maka dari itu perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar. Reciprocal teaching merupakan pembelajaran dengan model dimana siswa belajar mandiri, tidak terlalu bergantung pada setiap penjelasan gurunya sehingga memperoleh pengetahuan dengan caranya sendiri. Metode analisi data yang digunakan pada pembahasan penelitian ini ada metode kuantitatif, yaitu suatu metode yang mendeskripsikan data angka yang diperoleh pada saat penelitian dilakukan. Hasil validasi soal pretes dan posttest mendapatkan presentase 96,04% masuk dalam kategori sangat valid dan hasil angket kemampuan berfikit mendapatkan presentase 84,72% masuk dalam kategori sangat valid. Analisis hasil prestasi belajar siswa dengan soal pretest dan postest dengan uji normalitas didapatkan Sig. nilai pretest menggunakan metode Shapiro-Wik mendapat nilai 0,017. Berdasarkan hasil pengambilan keputusan bahwasanya Sig. lebih besar dari 0,05 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Begitu pula dengan nilai sig. pada nilai posttest yang memperoleh nilai 0,013. Kemudian uji paired sample t-test nilai sig. 2 tailed adalah 0,000 kurang dari 0,05 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap berbedaan variabel yaitu dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Hasil analisis kemampuan berfikir siswa setelah kelas XI Multimedia 2 SMKN 1 Driyorejo setelah pembelajaran dengan model reciprocal teaching mempreoleh presentasi angket sebesar 81,57% yang berarti bahwa setelah diberikan model pembelajaran reciprocal teaching memiliki respon positif dalam kemampuan berfikir kritis. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Recipcoral Teaching mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan berpengaruh baik terhadup kemampuan berpikir siswa.