PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN WEB (STUDI KASUS: SMKS SEMEN GRESIK)

Main Article Content

Yeremia Alfa Dio
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat penting atau pesat, dan dunia pendidikan sedang mengalami proses perubahan sistem pendidikan. Kondisi tersebut mengharuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonessia melakukan penyesuaian sistem pembelajaran yang mewajibkan setiap Lembaga pendidikan untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran dengan penerapan protokol Kesehatan. Beberapa Lembaga pendidikan telah menerapkan berbagai bahan ajar dalam mengatasi pandemi saat ini, salah satunya adalah pemanfaatan media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan serta mengetahui efekvitias pembelajaran pemrograman web terhadap pengaruh hasil belajar atau prestasi peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Metode penelitian yang digunakan adalah one groups pretest-posttest design. Hasil kelayakan media pembelajaran bernama Inter oleh para ahli antara lain hasil validasi media sebesar 88%, hasil validasi RPP sebesar 95,56%, hasil validasi soal pretest dan posttest sebesar 95,29%, sedangkan untuk hasil validasi angket respon sebesar 71,43%. Hasil akhir nilai rata-rata siswa dari pre-test adalah 47,58 dan 82,25 setelah menggunakan media pembelajaran inter dimana menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar pemrograman web pada kelas XI peserta didik jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMKS Semen Gresik

Article Details

How to Cite
Dio, Y., & Ekohariadi, E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN WEB (STUDI KASUS: SMKS SEMEN GRESIK). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 139-152. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/46366
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>