PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI LOGIKA PEMROGRAMAN KELAS X DI SMK KETINTANG SURABAYA

Main Article Content

Aninditya Elsa Putri
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Modul bagi peserta didik merupakan sumber utama belajar di dalam kelas. Dari pengamatan di SMK Ketintang modul yang digunakan menggunakan bahan ajar berupa buku paket yang dipinjam di perpustakaan. Bahan ajar tersebut tidak menutup kemungkinan untuk semua peserta didik dalam berantusias untuk meminjam buku paket. E-Modul berbasis website ini memiliki tujuan sebagai mendorong siswa kelas X untuk aktif dalam individu dan kelompok dimana dapat memecahkan sebuah masalah yang berhubungan model pembelajaran yang akan diterapkan yaitu Problem Based Learning (PBL). Penilaian yang dilakukan guna meningkatkan dari kemampuan secara kognitif dan secara psikomotorik dengan mengambil kelas X TKJ yaitu kelas kontrol dan kelas eskperimen untuk materi alur logika pemrograman. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu ADDIE dan Research and Development (R&D). Dengan menggunakan nonequivalent control group design dan uji coba dilakukan melalui Pre-Post Test. Penelitian dijalankan dengan menguji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-gain. Untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman siswa pada kompetensi logika pemrograman dengan melihat hasil uji hipotesis yaitu Independent Sample T-Test. Hasil uji Independent Sample T-test pada tes kognitif dan tes psikomotorik mengindikasikan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang berarti nilai signifikansi < 0.005, dengan demikian H1 : diterima dan H0 : ditolak dan dapat dikatakan E-Modul Pembelajaran berbasis website ini dapat meningkatkan pemahaman siswa pada tes kognitif maupun tes psikomotorik. Selain itu, dapat dilihat dari uji N-gain dengan rata-rata nilai kelas kontrol masuk ke dalam kategori kurang efektif untuk tes kognitif sebesar 42% dan untuk tes psikomotorik sebesar 37%.  Sedangkan, untuk kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup efektif untuk tes kognitif sebesar 61% dan untuk tes psikomotorik sebesar 63%. Maka dari itu, bahwa E-Modul Pembelajaran berbasis website berhasil diterapkan guna meningkatkan kompetensi alur logika pemrograman dari kemampuan kognitif maupun psikomotorik.

Article Details

How to Cite
Putri, A., & Ekohariadi, E. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI LOGIKA PEMROGRAMAN KELAS X DI SMK KETINTANG SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 55-62. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/58559
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>