PENERAPAN SISTEM PENILAIAN OTOMATIS PADA JAWABAN TES URAIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN KARP UNTUK MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI MA KANJENG SEPUH

Main Article Content

Dimas Tifli Irhami Hamir
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Penilaian hasil belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena terkait dengan pengambilan keputusan atas pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Penilaian yang berbentuk tes uraian merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan dalam proses penilaian hasil belajar. Dalam penerapan penilaian seacara otomatis pada jawaban tes uraian, telah dikembangkan berbagai model dan metode yang bervariasi, salah satunya seperti metode string matching, dan algoritma yang dapat digunakan dalam melakukan prosesnya adalah algoritma Rabin Karp yang merupakan algoritma pencarian string multi pattern yang dikembangkan oleh Michael O. Rabin dan Richard M. Karp pada tahun 1987. Media penilaian otomatis pada jawaban tes uraian dalam penelitian ini menggunakan algoritma Rabin Karp dengan pendekatan Synonym Recognition dan akan dikembangkan dengan metode Research and Development (R&D) model Plomp. Telah dilakukan validasi pada media penilaian otomatis oleh para ahli, dan diperoleh hasil persentase nilai validasi sebesar 90,51% yang dapat dinyatakan bahwa media yang telah dikembangkan sangat valid dan layak untuk diterapkan dalam proses penilaian hasil belajar. Hasil perhitungan akhir nilai peserta didik yang dilakukan secara otomatis memperoleh rata-rata sebesar 76,28 dan untuk hasil penilaian secara manual diperoleh rata-rata sebesar 74,15 yang kemudian akan dilakukan uji reliabilitas dan uji kesepakatan antara kedua hasil nilai pada tiap butir soalnya dengan menggunakan koefisien Cohen’s Kappa dan koefisien intra-class correlation (ICC) yang kemudian didapati hasil uji dengan kategori Low Agreement with High Reliability.

Article Details

How to Cite
Hamir, D., & Ekohariadi, E. (2022). PENERAPAN SISTEM PENILAIAN OTOMATIS PADA JAWABAN TES URAIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN KARP UNTUK MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI MA KANJENG SEPUH. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 19-27. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/48772
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>