Pengembangan Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle Mengimplementasikan PjBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Administrator Jaringan pada Siswa Kelas XI TKJ 1 di SMK Negeri 3 Buduran
Abstract
SMK Negeri 3 Buduran merupakan SMK yang memiliki jurusan TKJ, kompetensi dasar yang dipelajari oleh siswa sebagai administrator jaringan yang kompeten adalah menerapkan konfigurasi dan pengujian VLAN. Namun berdasarkan hasil observasi media pembelajaran yang digunakan kurang efektif karena siswa hanya memiliki modul ajar yang dikirim oleh guru melalui grup kelas, sedangkan guru mempunyai pedoman buku lembar kerja siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemanfaatan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle yang diterapkan dengan model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan kompetensi administrator jaringan pada siswa kelas XI TKJ 1 di SMK Negeri 3 Buduran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Buduran dengan subjek penelitian siswa XI TKJ 1 dengan jumlah siswa 32 siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh pada penilaian validasi media 89,3% (sangat valid), modul 86,3% (sangat valid), materi 90% (sangat valid), dan soal 87,7% (sangat valid). Penelitian ini menggunakan nilai pretest dan postest untuk soal kognitif dan psikomotorik. Nilai tersebut diolah dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Untuk hasil uji normalitas dari kognitif dan psikomotorik menghasilkan data tersebut normal, sedangkan hasil paired sample t-test menunjukkan sig. (2-tailed) = 0,001, artinya 0,001<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Learning Management System (LMS) berbasis moodle dengan implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan kompetensi administrator jaringan pada siswa kelas XI TKJ 1 di SMK Negeri 3 Buduran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

