Rancang Bangun Media Pembelajaran "Education.Id" Berbasis Website Dengan Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Siswa Pada Kompetensi Pemrograman PHP (Studi Kasus : Kelas XI RPL SMKN 10 Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i01.65321Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kognitif critical thinking siswa pada kompetensi pemrograman PHP dengan menggunakan metodologi pembelajaran Project Based Learning, situs web “Education.id” menggunakan pembelajaran dengan penilaian validator dari guru dan dosen. Pengembangan ADDIE digunakan dalam pendekatan penelitian dan pengembangan studi ini. Desain uji coba yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Data penelitian ini diperoleh dari 4 validator serta siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 10 Surabaya yang terdiri dari 35 siswa. Hasil penelitian pada validasi media sebesar 90% (sangat valid), validasi materi sebesar 96% (sangat valid), validasi soal tes 98% (sangat valid) dan validasi RPP sebesar 84% (sangat valid). Hasil nilai rata – rata kevalidan media sebesar 90%, sehingga dapat dikategorikan ”sangat valid” dan dinyatakan layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai ujian siswa dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan media belajar berbasis situs web. (2-tailed) = 0,00, yang menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05, yang menandakan penolakan dan penerimaan hipotesis. Terbukti dengan peningkatan outcome belajar antara perlakuan pretest dan posttest berikut, media pembelajaran berbasis website yang terbukti meningkatkan kemampuan psikomotorik dan berpikir kreatif siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

