Pengembangan LMS “TKJZone” dengan Model PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Administrator Jaringan dalam Konfigurasi VoIP (Studi Kasus Kelas XI TKJ di SMK Negeri 2 Lamongan)

Authors

  • Ashianti Faroh Nabila Universitas Negeri Surabaya
  • Rindu Puspita Wibawa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70868

Abstract

Sebuah Learning Management System (LMS) berbasis web bernama “TKJZone” dikembangkan oleh peneliti di SMK Negeri 2 Lamongan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi Voice over Internet Protocol (VoIP) di kelas XI TKJ. Mengetahui bagaimana kemampuan akademik siswa SMK Negeri 2 Lamongan meningkat dengan menggunakan “TKJZone” adalah tujuan utama dari penelitian ini. Kerangka kerja ADDIE diantaranya analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi digunakan dalam penelitian ini sebagai bagian dari teknik penelitian dan pengembangan (RnD). Pada setiap level, validasi oleh ahli bidang studi diperlukan. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Partisipan penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI TKJ 1 di SMKN 2 Lamongan. Penelitian ini membangun sebuah situs web menggunakan Moodle dan beberapa ekstensi PHP tambahan. Hasil validasi media menunjukkan bahwa instrumen “Sangat Layak Digunakan” dengan persentase 76,25%. Hasil dari uji t berpasangan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima, yang menyatakan bahwa peserta didik di kelas XI TKJ di SMKN 2 Lamongan menunjukkan adanya peningkatan kompetensi administrator jaringan setelah diterapkannya sistem manajemen pembelajaran “TKJZone” dan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada materi pengaturan layanan VoIP.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Ashianti Faroh Nabila, & Wibawa, R. P. (2025). Pengembangan LMS “TKJZone” dengan Model PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Administrator Jaringan dalam Konfigurasi VoIP (Studi Kasus Kelas XI TKJ di SMK Negeri 2 Lamongan). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 73–82. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70868
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 9

Most read articles by the same author(s)