Pengembangan Media Pembelajaran Website dengan Metode PJBL untuk PPLG Kelas X RPL SMKN 10 Surabaya

Authors

  • Moh. Ginanjar Shomat Iaudin Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Rindu Puspita Wibawa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71087

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menekankan pentingnya penguasaan keterampilan 4C: critical thinking, creativity, collaboration, dan communication. Namun, proses pembelajaran di SMK, khususnya di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 10 Surabaya, masih cenderung bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis web bernama Code Sprint dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) untuk mendukung peningkatan kompetensi siswa dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 37 siswa kelas X RPL 2. Hasil validasi menunjukkan media berada dalam kategori sangat valid, dengan nilai tertinggi 96,84%. Uji fungsionalitas menunjukkan semua fitur berjalan baik. Peningkatan nilai siswa ditunjukkan melalui hasil pretest  dan posttest, serta diperkuat uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa Code Sprint layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran berbasis proyek di SMK.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Moh. Ginanjar Shomat Iaudin Saputra, & Wibawa, R. P. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Website dengan Metode PJBL untuk PPLG Kelas X RPL SMKN 10 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 103–116. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71087
Abstract views: 39 , PDF Downloads: 22

Most read articles by the same author(s)