Pengembangan Media Pembelajaran Website dengan Metode PJBL untuk PPLG Kelas X RPL SMKN 10 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71087Abstract
Pendidikan abad ke-21 menekankan pentingnya penguasaan keterampilan 4C: critical thinking, creativity, collaboration, dan communication. Namun, proses pembelajaran di SMK, khususnya di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 10 Surabaya, masih cenderung bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis web bernama Code Sprint dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) untuk mendukung peningkatan kompetensi siswa dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 37 siswa kelas X RPL 2. Hasil validasi menunjukkan media berada dalam kategori sangat valid, dengan nilai tertinggi 96,84%. Uji fungsionalitas menunjukkan semua fitur berjalan baik. Peningkatan nilai siswa ditunjukkan melalui hasil pretest dan posttest, serta diperkuat uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa Code Sprint layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran berbasis proyek di SMK.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 39
,
PDF Downloads: 22
