Pengembangan LMS Moodle Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Kompetensi Administrator Jaringan Siswa XI TKJ di SMK
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71367Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LMS Moodle berbasis PjBL guna meningkatkan kompetensi Administrator Jaringan pada siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Surabaya. Pengembangan LMS dilatarbelakangi oleh kebutuhan pembelajaran yang lebih interaktif dan fleksibel, karena metode konvensional dinilai kurang menarik dan belum mampu mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid, dengan persentase validasi: RPP 88,28%, soal 82,85%, materi 83%, dan media 82,72%. Pengukuran kompetensi siswa dilakukan melalui pre-test dan post-test. Hasil uji statistik menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Ranah kognitif diuji dengan Paired Sample T-Test memperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sedangkan ranah psikomotorik menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan nilai signifikansi 0,002 (< 0,05). Artinya, penerapan LMS berbasis Moodle dengan model PjBL efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang Administrator Jaringan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 28
,
PDF Downloads: 18
