Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Berbantuan Google form pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Jurusan OTKP SMKN 2 Kediri

  • Rr. Agustina Hastary Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Triesninda Pahlevi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Instrumen penilaian, Soal pilihan ganda, HOTS, Google form

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat perlu dimiliki di abad 21. Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS mata pelajaran Kearsipan berbantuan google form memiliki tujuan untuk menciptakan instrumen penilaian HOTS, mengetahui kualitas instrumen penilaian berbasis HOTS, mengetahui keterampilan HOTS siswa serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaan google form sebagai media evaluasi. Jenis penelitian ini adalah R&D, dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Penelitian ini baru mencapai tahap pengembangan karena subjek penelitian terbatas pada siswa kelas X jurusan OTKP di SMKN 2 Kediri. Hasil penelitian menunjukan bahwa 40 butir soal pilihan ganda yang dikembangkan dinyatakan layak digunakam. Hasil uji kualitatif berupa validasi dari validator materi, evaluasi dan bahasa menunjukan bahwa memperoleh persentase nilai rata-rata 96,67% dengan kreteria “sangat kuat”. Selanjutnya hasil uji kuantitatif yang berupa validitas, yang menunjukan bahwa 35 soal “valid”, serta 5 soal “tidak valid”, reliabilitas memperoleh nilai 0,89 dengan katagori “sangat tinggi”, tingkat kesukaran soal menunjukan bahwa terdapat 1 soal katagori “sangat mudah”, 9 soal katagori “mudah”, 26 soal katagori “sedang” dan 4 soal katagori “sukar”, daya pembeda soal menunjukan bahwa terdapat 32 soal katagori “sangat baik”, 3 butir soal katagori “baik”, 3 butir soal katagori “cukup”, 2 butir soal katagori “buruk”, serta distractor soal yang berfungsi dengan baik. Kemampuan HOTS siswa rata-rata dalam katagori “baik” juga siswa memberikan umpan balik sangat positif untuk penggunaan google form sebagai media evaluasi sebesar 92,61%.

Published
2021-07-22
Section
Articles