Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan Media Pembelajaran Smartphone pada Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip Kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Lamongan

  • Fitria Anggi Nanik Susilo Universitas Negeri Surabaya
  • Triesninda Pahlevi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: E-Book, Korespondensi, Interaktif, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-book. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan, dengan subjek penelitian siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Lamongan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pengembangan bahan ajar E-Book menggunakan model pembelajaran 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap definisi, tahap desain, tahap pengembangan dan tahap diseminasi. Kelayakan bahan ajar e-book yang dikembangkan oleh peneliti ditentukan berdasarkan penilaian validasi yang diberikan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis. Penilaian keseluruhan komponen kelayakan materi diperoleh persentase sebesar 94,09% dengan kriteria sangat layak. Evaluasi siswa dilakukan dengan uji coba terbatas 20 siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan.

Published
2021-07-22
Section
Articles